Ketahanan Sistem Politik Indonesia

  • 0
Politik di Indonesia sudah terlihat sangat memprihatinkan, demokrasi yang diusung sebagai tameng bagi hak asasi berpolitik dinilai sudah melampaui batas. Setiap rakyat kini bisa bertindak sesuai dengan keinginannya tanpa lagi mempedulikan norma norma dalam bernegara. Alih alih sebagai negara demokratis, Indonesia menjadi negara yang sangat bebas, bahkan lebih bebas dari negara barat.

Ketahanan sistem politik di Indonesia ternyata juga sangat rapuh. Tidak mempunyai kekuatan yang pasti dibelakangnya. Dan lagi, demokrasi ini memang sudah sangat bebas. Rakyat bisa bertindak semaunya tanpa ada halangan. Kekuasaan politik tunduk terhadap keinginan masyarakat dalam rangka membangun citra jangka panjang.

Para pemimpin politik di Indonesia berlomba mendapatkan hati rakyat dengan cara apapun. Dengan kebaikan yang tulus ataupun dengan kebaikan yang disertai akal bulus.

Kesehatan politik di Indonesia semakin menurun dengan adanya praktik kotor yang dilakukan oleh partai politik yang justru mengagung agungkan demokrasi sebagai sistem utama mereka dalam bernegara. Demokrasi yang seharusnya digunakan untuk bisa menampung suara masyarakat justru menjadi kekuatan sekelompok orang untuk menguasai aspek kenegaraan.