Tips Mahasiswa: Memanfaatkan Cloud untuk Catatan

  • 0

IT itu memudahkan, jika ternyata menyulitkan, ada yang salah dengan user - Mujaddidi, 2014

Cloud memang istilah yang baru populer akhir-akhir ini. Tapi dalam praktiknya, cloud sudah diaplikasikan bahkan sejak internet ada. Cloud merupakan istilah untuk menyebut data yang berada di internet dan bisa kita akses kapan saja dimana saja selama memiliki koneksi internet.



Mudahnya, sesuatu bisa disebut cloud ketika kita (dari sisi user) tidak memerlukan hardware tambahan untuk menyimpan. Contoh, data yang kita upload ke facebook tidak perlu kita simpan di flashdisk, cukup melakukan login ke facebook melalui PC maupun mobile gadget dan data yang dibutuhkan sudah bisa diakses.

Zaman sekarang ini, ketika segalanya bertransformasi menjadi digital, fitur cloud menjadi fitur yang sangat bermanfaat. Apalagi, pengguna smartphone semakin menjamur dan penggunaan data yang semakin massif seharusnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan-kebutuhan yang bermanfaat.

Trend penggunaan digital notes ketimbang mencatat dengan kertas juga merupakan dampak dari perkembangan teknologi. Amat disayangkan bukan, ketika catatan yang kamu simpan ternyata hilang ketika terjadi sesuatu pada gadget kita?

Seringkali mahasiswa membutuhkan catatan untuk menyimpan apa yang sedang dipikirkan, termasuk mencatat tugas-tugas kuliah dan aktivitas yang akan dilakukan. Kesibukan mahasiswa bisa menjadikannya melupakan sesuatu yang tidak dicatat, karena akan timbul informasi-informasi baru dan biasanya baru ingat ketika deadline sudah di depan mata. Supaya tidak menjadi deadliner sejati, mencatat merupakan solusi untuk mengatur waktu di tengah kesibukan aktivitas.

Google Keep sangat membantu dalam memfasilitasi digital notes karena menggunakan fitur cloud. Google Keep juga memiliki fitur alarm untuk mengingatkan dan juga lokasi. Apa yang kamu simpan pada Google Keep di gadget kamu juga akan terlihat saat kamu mengakses Google Keep menggunakan PC. Tapi jangan lupa, aktifkan sinkronisasi di gadgetmu dulu :D


Google Keep dengan menggunakan ekstensi Google Chrome
Google Keep dengan menggunakan aplikasi android

Google Keep melalui web browser