Ngapain Sih Harus Ikut Pemilwa (Pemilihan Umum Mahasiswa)?

  • 0
"Beri aku 10 orang pemuda, maka akan kuguncang dunia!" - Soekarno

Kenapa pemuda? Karena pemuda adalah cikal bakal pemimpin bangsa. Pemuda yang nantinya akan menentukan, bagaimana nasib sebuah bangsa. Ketika generasi muda berlangsung baik, maka perjalanan bangsa kedepannya akan sejalan.

Foto salah seorang calon presiden mahasiswa UGM, Satria Triputra


Lalu apa hubungannya pemilwa? Dalam ajang demokrasi kampus ini, pemilwa adalah salah satu contoh pembelajaran dalam lingkup kampus. Memang, presiden mahasiswa tidak seperti presiden negara yang (bisa jadi) kebermanfaatannya langsung dirasakan. Presiden negara bisa memberikan kebijakan subsidi pada sektor tertentu, tapi presiden mahasiswa?

Karena masih ada posisi yang lebih tinggi diatas presiden mahasiswa, yaitu pihak rektorat. Disini, peran presiden mahasiswa adalah sebagai penyambung lidah dari aspirasi mahasiswa. Bayangkan, bagaimana bedanya jika seorang mahasiswa biasa menghadap rektor dan seorang presiden mahasiswa menghadap rektor, dan keduanya mengutarakan aspirasi?

Sunday morning, UKT, PPSMB, KIK, wisdom park, lahan parkir, pembangunan fakultas yang tidak merata, dan masih banyak permasalahan yang tidak disadari secara langsung oleh mahasiswa, tapi lembaga seperti BEM harus peduli. Sebagai penyambung aspirasi, mungkin peran BEM maupun presiden mahasiswa tidak terlalu terasa bagi kalian yang berada di zona nyaman, tapi mereka yang membutuhkan akan sangat memerlukan bantuan BEM sebagai penyambung lidah.

Seperti pemilihan rektor, bagi mahasiswa, mungkin kalian tidak merasakan dampak langsung dari pemilihan presiden mahasiswa, tapi ada permasalahan yang tidak disadari dan butuh pengawalan, dan untuk itu presiden mahasiswa hadir di tengah kalian.

Selamat menentukan pilihan kalian.