Nuansa Selatan Jogja, Siung Beach with JMME

  • 4

Yogyakarta merupakan kota yang kaya wisata dan keindahan alamnya masih terjaga. Di sebuah tempat di selatan Jogja, bersama dengan JMME (Jama’ah Mahasiswa Muslim Ekonomi) FEB UGM saya melakukan kunjungan ke salah satu pantai disana. Nama pantai ini cukup asing jika didengar oleh telinga wisatawan. Daerah yang jarang terjamah oleh turis ini masih terlihat asri dan menyimpan pemandangan alam yang indah terutama pada titik-titik pantai yang dimiliki.

Tidak seperti Parangtritis, pantai ini cukup kecil dan tidak banyak pedagang yang berkeliaran. Justru karena itu tempat ini sangat cocok digunakan sebagai objek wisata. Suasana yang tenang ditambah pemandangan batu karang dan laut yang masih terlihat sangat biru mampu membuat suasana menjadi segar kembali, apalagi saat ini merupakan momen setelah UTS berakhir.

Cukup simple dibanding dengan pantai lainnya, namun menyimpan sejuta rangkaian cerita dan rasa. Awalnya kedatangan kami untuk melakukan FGD (Forum Group Discussion) sekaligus menyambut kedatangan penduduk baru JMME. Disini juga kami ingin mempererat tali persaudaraan, karena semua Muslim itu bersaudara dan karena kami tergabung dalam organisasi yang sama, tidak etis rasanya jika masih ada yang belum saling mengenal.

Pantai ini terletak di GunungKidul, Yogyakarta, konon katanya daerah ini menyimpan banyak sekali titik pantai yang masih terjaga dan belum banyak wisatawan yang datang. Akses perjalanan yang tidak mudah menjadi salah satu faktor penghambat wisatawan yang ingin datang kemari, walaupun ini juga menjadi salah satu kelebihan yang membuat pantai ini tetap terawat dan terlindung dari kemungkinan tangan-tangan jahil. Pedagang juga jarang terlihat di pantai ini, hanya seadanya sehingga pantai tidak terlalu terlihat sesak.

Sekilas pemandangan di Pantai Siung, GunungKidul, Yogyakarta (klik gambar untuk memperbesar)

ketika memasuki lokasi Pantai Siung



pemandangan arah tenggara pantai siung

arah barat daya pantai siung

pemandangan ke arah pantai siung

lepas pantai

pasir-pasirnya (penting banget)

dan di pantai ini biota laut masih bisa terlihat, sangat cantik :)

yang di tengah ini agak dalem, bisa dipake buat berenang, jadi ga mesti ke tengah pantai dulu gan

dan sekarang kita akan memulai berekspedisi ke bukit ini
lihat ke bukit yang menjulang, yang jarang ada pepohonan

nah ini penampakan dari atas

pemandangan pantai siung dari atas bukit, cantik bukan?