Catatan untuk Pesta Rakyat UGM

  • 0

Pesta Rakyat UGM telah selesai dan menghasilkan beberapa poin yang salah satu cukup vital adalah persoalan UKT.

Tapi, tahukah kamu siapa yang paling diuntungkan dari UKT yang tidak jadi dimahalkan, uang pangkal yang tidak jadi diadakan, beasiswa hilang yang akan coba kembali diadakan dsb? Yaitu (calon) mahasiswa UGM 2016, karena yang diperjuangkan adalah UKT berkeadilan.



Mahasiswa lama tidak akan memperoleh benefit sebesar mahasiswa baru nanti terhadap kebijakan UKT yang baru, karena sistem pembayaran itu bergantung pada saat kebijakan itu ditetapkan. Maksudnya, mahasiswa 2011 yang masih menggunakan sistem SPP/BOP, maka sampai mereka lulus tetap menggunakan sistem itu. Mahasiswa 2013 yang mendapat UKT sekian, jika di tahun selanjutnya ada kenaikan, maka mereka tetap mengacu pada kebijakan UKT tahun 2013.

Nah pada penentuan UKT tahun berikutnya (2016 ini), berdasarkan hasil Pesta Rakyat, nanti UGM akan mempertimbangkan variabel lain dalam penentuan UKT, seperti jumlah tanggungan. Misal, orang tua berpenghasilan 20jt per bulan dan mempunyai 5 orang anak tentu mempunyai tanggungan lebih berat ketimbang orang tua berpenghasilan 20jt namun hanya memiliki 1 orang anak.

Jadi, apa yang diperjuangkan mahasiswa UGM kemarin bukan demi memperjuangkan kepentingan masing-masing, tapi demi kepentingan bersama untuk memperoleh keadilan dan mengembalikan identitas UGM sebagai Kampus Kerakyatan.

Untuk itu, bagi kalian yang ingin menjadi mahasiswa UGM, jangan sia-siakan perjuangan (calon) senior kalian yang sudah memperjuangkan nasib kalian dengan santun dan tanpa kericuhan, walaupun mereka belum kenal siapa kalian.

Juga kalian jangan patah semangat untuk bisa berjuang menembus tes masuk UGM. Mantapkan hati kalian untuk bergabung dalam keluarga besar UGM.

@abemuja
[Admin Info 3 SMA yang juga mahasiswa UGM]